Wednesday, March 20, 2013

Aku Anak KW1


Hari ini teman baik saya, teman dekat saya, dimana ada 1 rahasia saya yang dipegang oleh dia. Dan hari ini dia beberkan rahasia tersebut dalam acara makan siang bersama bos dan kolega saya. Pengen banget rasanya saya pencet hidungnya, jewer kupingnya, jambak rambutnya, tampar pipinya, cubit tangannya, dan tarik kakinya. But somehow thank you, karena akhirnya ini jadi inspirasi saya untuk menulis malam ini.

Jadi cerita ini terjadi sekitar tiga bulan yang lalu, Desember 2012, ketika saya mencari kacamata baru yang bisa diganti oleh kantor. Memang setiap tahun, setiap individu dapat jatah Rp. 700.000 untuk membeli kacamata. 

Dasarnya saya anaknya easy going yang gak terlalu fanatik pada brand tertentu. Jadi brand apa saja asal masuk kantong saya, ya akan saya beli, jika memang itu untuk investasi jangka panjang, seperti jam tangan. Kenapa jam tangan, itu karena memang fungsinya yang dipake sehari-hari harus mencari yang bagus, awet dan juga ada unsur fashionable-nya juga. Mungkin ada beberapa orang yang fanatik pada brand tertentu untuk sepatu, tas, kacamata, dompet, pakaian dan juga kacamata. Tapi kalau untuk barang-barang tersebut saya gak segitu fanatiknya, asal ada yang cocok dan bagus, meski gak branded juga oke aja. Atau ada yang memang beneran bagus, branded dan worth it ya juga akan saya beli (apalagi kalo diskonan, hehehe).

Nah, ceritanya adalah saya beli kacamata di akhir tahun 2012 kemarin, karena memang jatah kacamata tahun tersebut belum saya gunakan. Berdasarkan pengalaman saya dulu yang membeli kacamata original DKNY dengan harga yang lumayan menguras kantong, dan toh akhirnya kacamata melar juga dan males makai lagi. Maka saya memutuskan untuk beli yang biasa aja, atau yang biasa disebut KW1. Apalagi waktu ada bazaar saya nemu ada kacamata seharga Rp. 85.000 warna merah yang enak banget dipakai. Jadi, akhirnya pengen beli kacamata yang biasa-biasa aja, tapi tetap bagus.

Datanglah saya ke outlet kacamata di ITC Ambassador yang terkenal dengan banyak toko optik jual kacamata branded dengan harga miring. Bersama satu teman saya, fokus saya waktu itu hanya ingin menemukan kacamata bagus yang cocok dimuka saya. Udah brand-nya terserah. Akhirnya saya menemukan dua kacamata, yang satu brand Calvin Klein dan satunya lagi Christian Dior. Dilihat dari design frame dan kenyamanan, akhirnya saya jatuhkan pilihan  ke kacamata Calvin Klein. Udah saya ga ngecek apa-apa lagi. Teman saya juga sudah final kasih masukannya bahwa kacamata itu yang paling cocok dengan saya.

Keesokan harinya, datanglah saya dengan teman dekat saya ini untuk mengambil kacamata saya yang jadwalnya bisa di ambil 1 hari kemudian. Dengan senang saya ambil kacamata saya, karena yang lama memang sudah tidak nyaman. Langsung saya pake lah kacamata tersebut. Good, very good. Nothing’s wrong. Sampe akhirnya saya melewati optik yang lain, dan melihat kacamata dengan brand yang sama di branding berbeda di frame-nya. 

Tulisan di frame kacamata saya adalah “Calvin Klein”, spelling nama yang punya brand lengkap. Sedang di toko frame sebelah di frame-nya Cuma ditulis “CK”. Langsung paniklah saya, karena baru berasa ini kacamata kw1-nya kok jadi keliatan murah banget, padahal harganya juga masih lumayan standar, gak murah-murah amat. Langsung googling lah saya tentang si kacamata CK ini, dan semua hasil pencarian menunjukkan kacamata dengan branding huruf C dan K saja. 

Branding kacamata saya kurang lebih kaya gini, spelling lengkap dengan  warna putih mencolok
ini branding seharusnya, teman saya langsung ingat karena ada salah satu teman saya yang pake kacamata dengan logo yang benar ini
Dengan hebohnya saya langsung jelasin deh kondisi saya itu ke temen deket saya ini. “Ayo, anterin balik ke optik-nya, masa gini branding-nya. Seharusnya meskipun kw1 branding-nya sama dong. Ayok anterin, mungkin masih bisa diganti dengan kacamata yang lain”.
“Emang kenapa sih Sof? Toh sama aja kok, emang mungkin gitu branding-nya”, dengan santainya kawan saya ini menanggapi. “Oh no, kamu harus lihat ini”, langsung saya tunjukkanlah hasil googling saya. Dan sontak teman saya langsung ngakak abis. “Oh jadi kamu itu takut kalau ketauan itu kacamata kw1 thoh, hahahaha”. Ih dasar teman saya polos abis.

Tanpa banyak cing cong lagi, langsung saya seret teman saya ke optik tempat saya beli. Eh setelah komplain, mas-mas-nya cuma bilang “yah namanya juga kw mbak, kalo di hilangin udah ga bisa, kan permanen, nanti malah ngerusak frame-nya. Lagian mungkin branding-nya memang nama panjang mbak, ada 2 jenis branding-nya mbak, satu CK dan satu lagi Calvin Klein lengkap gini”.

Geram sekali saya denger penjelasan si mas-mas optik, mana ada brand internasional punya dua bentuk branding/logo. Tapi di sisi lain saya juga gak nyalahin dia, salah saya sendiri ga teliti beli-nya. Cuma asal pake, cocok, nyaman langsung ambil. Tapi kalo dipikir juga bukan salah saya juga sih, kan anaknya easy going, gak gila brand. Asal pas dan cocok ya langsung ambil, hehe.

Tapi tetap aja saya ngedumel, “pokoknya saya gak mau tahu, saya mau brand-nya dihilangin atau ditutupin pake apa aja”, pesen saya ke mas optik. Maksud hati biar malu-nya ga dobel kalo ketauan pakai yang kw1. Akhirnya brand nama panjang berwarna putih itu seperti diberi spidol permanen warna hitam sehingga sewarna dengan frame-nya dan ga kelihatan mencolok lagi.  

Part ini nih yang bikin teman saya ngakak banget. “Eh itu kan lagian gak ada yang tahu lagi, aku aja gak tahu apa bedanya tadi, kalo gak kamu kasih tahu”, komen teman saya. “Iya itu kan kamu, tapi buat teman-teman kita lain yang awareness per-brand-an tinggi pasti langsung tahu kalo ini kw”, timpal saya dengan hati masih gelisah.

Akhirnya dengan berat hati, tetap saya pake kacamata-nya. Emang cocok dan bagus dipake. Sesudah brand-nya gak kinclong lagi, saya tambahin tutupin juga dengan beberapa helai rambut, biar orang ga bisa baca.

Dan sampai sekarang pun sudah 3 bulan lebih kacamata-nya masih aman dan nyaman dipakai.
Jadi gak ada masalah sih dengan barang kw1, dan juga gak perlu malu juga. Toh yang penting fungsi dan kegunaannya sesuai.

Jadilah hari ini saya sebagai anak kw1. Terima kasih buat teman baik saya yang sudah kasih inspirasi buat saya nulis ini dan jadi diri sendiri :)

1 comment:

yusnita said...

konyol soff..wkwkwkk